Paradigma Inkuiri Apresiatif adalah pendekatan yang berfokus pada mencari dan mengapresiasi hal-hal positif dalam organisasi atau individu, serta membangun kekuatan tersebut untuk menciptakan perubahan positif. Pendekatan ini berpusat pada apa yang sudah berhasil dan bagaimana kita bisa mengembangkan lebih jauh.
BAGJA merupakan gubahan tahapan Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan yang pertama kali diperkenalkan Cooperrider ke dalam langkan 4D (Discover, Dream, Design,Deliver), Cooperrider&Whitney,2005 yang kemudian dalam praktik selanjutnya tahapan discover dipecah menjadi define dan discover (Cooperrider et.al, 2008).
Visi Guru Penggerak
Mewujudkan generasi yang berkarakter mulia, mandiri dan memiliki keterampilan abad ke-21.
Pernyataan Prakarsa Perubahan
ASET |
TANTANGAN |
AKSI |
PELAJARAN |
Peserta didik yang memiliki handphone |
Peserta didik yang memanfaatkan handphone untuk bermain game |
Pembelajaran literasi menggunakan handphone |
Peserta didik memanfaatkan handphone untuk kegiatan bermanfaat |
Tahapan BAGJA
Buat Pertanyaan Utama
Pertanyaan |
Tindakan |
● Apa yang harus saya lakukan untuk menerapkan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital |
● Mencari aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membaca gratis yaitu Eperpusdikbud ● Berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat tentang kegiatan membaca dengan memanfaatkan literasi digital ● Membaca literatur tentang kegiatan-kegiatan membaca dengan memanfaatkan literasi digital |
Ambil Pelajaran
Pertanyaan |
Tindakan |
● Siapakah di sekolah/dll. yang mempunyai pengalaman pernah menjalankan pembiasaan membaca dengan menggunakan literasi digital? ● Aktivitas apa saja yang menurut anak-anak dapat digunakan untuk membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Situasi apa yang dapat kita manfaatkan untuk melaksanakan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Keterampilan apa yang sudah saya miliki dan membantu saya untuk mewujudkan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital?
|
● Mencari contoh nyata bagaimana cara memanfaatkan literasi digital untuk kegiatan pembiasaan membaca ● Mewawancara/survei pengalaman/pendapat guru/KS/PS/murid/orangtua ● Menggali informasi tentang kegiatan peserta didik dalam memanfaatkan handphone.
|
Gali Mimpi
Pertanyaan |
Tindakan |
● Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan jika peserta didik terbiasa membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Bagaimana perasaan saya jika peserta didik terbiasa membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Apa saja hal-hal baru yang bisa aku lakukan setelah peserta didik terbiasa membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Apa hal-hal/sumberdaya yang kita bayangkan akan tersedia jika peserta didik terbiasa membaca dengan memanfaatkan literasi digital?
|
· Peserta didik menjadi lebih mandiri, gemar membaca dan memanfaatkan handphone untuk hal yang bermanfaat. · Pembelajaran di kelas bisa menjadi menyenangkan dan penuh inovasi. · Menambah waktu pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital. |
Jabarkan Rencana
Pertanyaan |
Tindakan |
● Apa langkah paling sederhana/langkah pertama yang bisa dilakukan? ● Berapa lama target untuk mencapai pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Apa tindakan-tindakan yang bisa mendukung usaha mencapai pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah? ● Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha bersama mencapai pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital?
|
· Melakukan sosialisasi dengan wali murid · Membuat jadwal kegiatan yang terstruktur. · Membuat capaian yang realistis untuk setiap minggunya · Membuat catatan besar target yang akan dicapai per minggu dan memajangnya di kelas
|
Atur Eksekusi
Pertanyaan |
Tindakan |
● Siapa yang bisa mengarahkan dan memantau kegiatan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital? ● Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa saja? ● Kapan kegiatan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital dapat dimulai? ● Bagaimana pencatatan kemajuan kegiatan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital dilakukan? ● Siapa yang akan menampung keluhan tentang kekurangan kegiatan pembiasaan membaca dengan memanfaatkan literasi digital?
|
● Berdiskusi dengan kepala sekolah tentang pelaksanaan kegiatan ● Berkolaborasi dengan teman sejawat dan wali murid tentang pelaksanaan kegiatan ● Membuat grup khusus pelaporan kegiatan ● Kegiatan dilakukan dengan jadwal yang sudah dibuat ● Membuat buku jurnal membaca yang diisi secara mandiri
|
Demikian Demonstrasi Kontekstual saya untuk modul 1.3
Salam Guru Penggerak.
CHARDIANA SARININGTIYAS,S.Pd.SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar