Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Selasa, 21 Mei 2019

Tips Sahur Penuh Selera

Assalamualaikum 🌷🌹

Waktu berjalan perlahan tapi pasti. Saat Ramadhan, waktu  terasa menambah kecepatannya. Tak sempat menghitung hari ternyata kini sudah menginjak pertengahan bulan Ramadhan. Suasana damai dan tentramnya melenakan semua muslim meskipun harus menahan lapar dan dahaga. Sebelum saya lanjutkan, saya ucapkan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa untuk para Muslimin dan Muslimah, Ramadhan Kareem."

Bagaimana sahur Anda di pertengahan bulan ramadhan ini? Masih semangat? Atau sudah mulai malas bangun? Makan pun tak berselera?


Sayang sekali jika ibadah santap sahur dilewatkan begitu saja karena di dalam sahur ada keberkahan. Namun, tak dipungkiri selera makan saat sahur menurun. Kondisi badan yang baru saja terjaga dan tidak jarang masih mengantuk, tidak terbiasa untuk langsung mengkonsumsi makanan. Apalagi jika nasi serta lauknya dingin. Selera makan seperti terhempas jauh.

Kalau sudah begini harus memperbanyak motivasi sahur. Banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan pengalaman pribadi saya untuk semangat sahur. Semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda juga.

  1. Bangun minimal 30 menit sebelum sahur.
    Seorang istri apalagi ibu, tips ini wajib diamalkan karena jika sampai bangun terlalu mepet imsyak, bisa terbayang kan kacau balaunya dunia persilatan. Nah, bagi yang bukan seksi konsumsi sahur lebih baik bangun terlebih dahulu juga sebelum makanan tersaji. Cuci muka kemudian jika memungkinkan senam ringan, kalau tidak mungkin ya senam jari saja tidak masalah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa kantuk dan badan lebih segar ketika makan sahur.
  2. Makan sahur mendekati waktu imsyak
    Biasanya jam makan sahur diganti tengah malam sebelum tidur karena takut kesiangan atau malas bangun. Jadi, sengaja begadang supaya bisa makan tengah malam. Hal ini kurang baik bagi kesehatan dan menghilangkan berkah sahur. Islam telah mengatur segalanya dengan baik termasuk aturan waktu sahur. Sahur sebaiknya dilaksanakan mendekati waktu imsyak. Dampak positifnya, badan menjadi lebih bertenaga di kala pagi karena baru saja terisi energi.
  3. Siapkan makanan hangat walau dengan menu sederhana
    Tak perlu makanan mewah saat sahur. Masak makanan baru walau hanya sekedar tempe kriuk atau tahu kecap. Disajikan dengan nasi hangat. Hmmm... Pasti selera makan akan muncul. Jangan lupa untuk mengakhiri sahur dengan air hangat. Dijamin mengurangi rasa haus ketika berpuasa. 

Disamping tips di atas, hal paling ampuh memotivasi sahur adalah niat sahur karena Allah Ta'ala. Insya Allah. 

Bonus Tips Sahur Penuh Selera adalah menyajikan makanan yang pembuatannya sederhana tapi rasa juara yaitu Susu Kurma. Resep bisa dibaca pada gambar dibawah ini.

Resep Susu Kurma.
Tidak menyusui?
Silahkan mencoba juga. 

Lebih jelasnya bisa dibaca juga di blog kece badai satu ini dengan klik di sini

Khasiat kurma tidak diragukan lagi untuk kesehatan apalagi ketika puasa. Mau tahu cara memanfaatkannya dan khasiatnya? Silahkan dibaca dengan klik di sini

Ramadhan ceria dengan sahur penuh selera. Semoga berkah karena ramadhan tak pernah berlama-lama. Jangan sampai lengah dan menyesal jika telah berpisah. Duh... Sok puitis ya? Semoga tipsnya bermanfaat. 💖💖


8 komentar:

  1. Apikkkkkkk.... koncoq siji iki ancen sip 😘😘

    BalasHapus
  2. 😘😘😘
    Jangan lupa tipsnya dicoba lo

    BalasHapus
  3. Screen sot ga di edit. Pelanggaran 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Biar seru blognya bu dan tidak dianggap plagiat... Sumbernya jelas.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Siap abang... Besok besok ikut PIT juga ya.

      Hapus

Total Tayangan Halaman