Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Sabtu, 27 Juli 2024

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 Assalamu'alaikum.

Salam bahagia Bapak dan Ibu,

Saya Chardiana Sariningtiyas, calon guru penggerak angkatan 11 dari SDN Klakah 01, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tulisan ini merupakan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan yang saya susun setelah mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dan Manajemen Perubahan Inkuiri Apresiatif melalui Kanvas BAGJA. Jurnal ini saya susun menggunakan model refleksi 4F (Facts, Feelings, Finding dan Future) yang dikembangkan oleh Roger Greenway.

FACTS

Perjalanan saya mempelajari modul 1.3 yaitu dengan mulai dari diri yang harus merumuskan tentang Visi Guru Penggerak dan dilanjutkan dengan eksplorasi konsep dan berdiskusi dengan rekan melalui forum diskusi di LMS. Pada tanggal 19 Juli 2024 merupakan kegiatan yang paling seru karena dapat bertemu dengan rekan-rekan CGP untuk berdiskusi dalam Ruang Kolaborasi. Keesokan harinya dilanjutkan dengan Lokakarya 2 di SMAN 1 Tempeh Lumajang. 

Kegiatan lokakarya menjadi motivasi untuk lebih giat mengikuti pendidikan program penggerak yang memiliki cerita di lingkungan sekolah masing-masing. Salah satunya adalah image CGP yang sibuk sehingga mengabaikan tugas utamanya sebagai guru. Padahal pada kenyataannya, seorang CGP harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin supaya tidak menganggu jam mengajar karena kegiatan CGP memang dilakukan setelah jam sekolah usai.

Hari Senin tanggal 22 Juli 2024, bertemu lagi dengan rekan-rekan CGP, pengajar praktik dan fasilitator untuk mempersentasikan hasil diskusi tentang Visi Guru Penggerak dan upaya merealisasikannya dengan menggunakan BAGJA.

Pemahaman menjadi lebih mantap setelah mengikuti elaborasi pemahaman bersama Instruktur, Bapak Truko Triyanto pada tanggal 25 Juli 2024.

Ruang Kolaborasi kedua

Elaborasi Pemahaman

Lokakarya 1




FEELINGS 

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran modul 1.3 adalah lebih memahami tentang pentingnya merumuskan visi secara mantap untuk mencapai tujuan besar yang ingin dicapai. Perumusan visi dengan menggunakan Inkuiri Apresiatif membuat langkah-langkah yang harus ditempuh menjadi lebih bermakna dan efisien. Selain itu, saya juga senang bisa berlatih berbicara di depan umum meskipun belum terlalu lancar saat diskusi di ruang kolaborasi atau saat lokakarya.

FINDINGS

Sebelum mempelajari saya menganggap visi adalah kalimat umum tujuan seseorang yang tidak perlu diwujudkan karena kedalaman isinya yang terlalu luas. Selain itu, dalam melakukan perubahan, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari permasalahan yang harus diselesaikan.

Setelah mempelajari modul 1.3 saya memahami bahwa visi merupakan tujuan besar yang bisa dicapai dengan merumuskan langkah-langkah yang tepat. Hal ini bisa dimulai dengan merumuskan pernyataan prakarsa perubahan yang bisa disusun dengan memanfaatkan A-T-A-P. Aset, Tantangan, Aksi dan Pembelajaran. Perubahan bisa dimulai dengan memanfaatkan aset atau kekuatan yang dimiliki sehingga langkah awal merupakan pijakan yang kuat untuk mencapai tujuan visi yang telah dibuat.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan BAGJA yang membuat sebuah visi bisa tergambarkan menjadi hal yang nyata dan bisa dicapai. 

Selain itu, saya juga belajar tentang komunitas praktisi yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk saling memperbaiki diri dengan rekan sejawat terdekat.

FUTURE 

Dalam memulai sebuah perubahan saya akan memulai dengan menyusun visi pribadi. Menurut saya dengan memiliki visi, langkah untuk mencapai tujuan lebih terarah. Visi tersebut akan saya kembangkan dengan menggunakan Inkuiri Apresiatif dan BAGJA.

Saya juga akan berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk bersama-sama menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif bersama-sama. Harapannya, semua warga sekolah mampu mengenali potensi diri sehingga bisa dimanfaatkan untuk membawa perubahan yang lebih baik untuk kemajuan sekolah dan prestasi peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman