Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Rabu, 22 Mei 2019

Kelas Semarak Low Budget part 1


Low budget itu modal sekali bermanfaat tiada henti. ~me~

Assalamualaikum....
Kelas yang menarik tentunya menjadi magnet tersendiri bagi siswa. Apalagi bagi siswa kelas rendah, sebuah gambar atau hiasan bisa menjelma menjadi seribu makna. Tak perlu yang mahal atau rumit pembuatannya. Hanya dengan memanfaatkan hasil karya siswa dan mengaturnya, kelas pun menjadi semarak.


Selain menyemarakkan kelas, kegiatan ini merupakan penghargaan tersendiri bagi siswa. Bisa dijadikan motivasi agar siswa menyelesaikan karyanya sebaik mungkin karena hanya karya terbaiklah yang akan dipajang. Padahal asalkan tempatnya cukup ya dipajang semua. Hihi...

"Wow gambarku dipajang... " begitu seloroh mereka ketika mengetahui gambar atau karyanya terpampang di papan pajangan.

Di kelas 1 pada kurikulum 2013 terdapat banyak materi yang menghasilkan karya-karya cantik. Jika hasil karya hanya dimanfaatkan untuk penilaian kok mubadzir rasanya.

Berikut ini merupakan beberapa karya siswa yang dimanfaatkan untuk menghias kelas tapi tutorial pembuatan tidak dibahas di sini. Jika ingin tahu langkah pembuatan silahkan menuju TKP yaitu Buku Siswa K13 kelas 1 edisi revisi tahun 2017.

Pohon Kertas
Materi pohon kertas ada pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 1. Kerja keras siswa dihargai dengan memajang karyanya sebagai gantungan pada jendela kelas. Tips membuat gantungan ini adalah merekatkan tali gantungan dengan lem tembak. Lebih cepat dan efektif daripada dengan mengikatnya. *

Hiasan Pohon Kertas

Malam dari Tepung dan Bingkai Kulit Telur
Pembelajaran ini terdapat pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 1. Karya dari tepung ini tidak mungkin dipajang di kelas karena bahannya yang mudah membusuk sehingga disiasati dengan mengabadikan karya siswa dalam foto. Difoto dengan pembuatnya ya..

Nabila 
Desta

Pemajangan foto tersebut menunggu pembelajaran tema 5 subtema 4 pembelajaran 4 yaitu menghias bingkai dengan kulit telur. Bingkai kardus yang sudah dihias dapat digunakan sebagai tempat foto siswa dan karya siap dipajang. Jangan lupa lapisi foto dengan plastik agar warnanya tidak pudar.

Foto "Berkarya dengan Tepung" dan Bingkainya plus Rantai Kertas

Rantai Kertas.
Karya satu ini cukup digantung saja dengan rapi dalam jumlah secukupnya. Membuat rantai kertas adalah materi mempelajari simbol Pancasila pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 3. Selesai kegiatan, guru menawarkan kepada siswa untuk membawa pulang atau meninggalkan karyanya di kelas. Karya yang diberikan dengan sukarela ditata rapi di tempat pajangan.

Kelas semarak low budget sangat menarik bukan? Masih ada beberapa karya lagi yang bisa dimanfaatkan sebagai hiasan. Jangan lewatkan ya... Bersambung pada Kelas Semarak Low Budget part 2.

2 komentar:

Total Tayangan Halaman