Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Selasa, 21 Mei 2019

Cara Pasang Header Blog dengan Pas

Assalamualaikum πŸŒΉπŸŒΈπŸ‚πŸŒΊπŸŒΈπŸŒΉ

Seru sekali mendapat ilmu baru tentang pembuatan web di Pelatihan IT Angkatan 6. Kini para peserta sedang melaksanakan ON 2 mulai dari tanggal 19 - 25 Mei 2019. Setiap hari Bapak Moh. Subakri yang bertugas sebagai instruktur memberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan peserta.


Tugas utamanya adalah setiap hari peserta membuat postingan sesuai dengan tema, diselingi tugas mempercantik tampilan web. Materi berkaitan tampilan web yang sudah dipraktikkan antara lain membuat menu, menampilkan icon terjemah (translate), tulisan populer (post populer), banyak kunjungan (page viewer) dan yang masih fresh adalah mengedit header blog menggunakan gambar.

Gambar yang harus disiapkan adalah gambar berukuran 37 cm x 4 cm. Ukuran ini telah sesuai dengan header blog sehingga nantinya langsung pas ketika di pasang.

Peserta tidak perlu khawatir tidak bisa karena instruktur sudah mempersiapkan video tutorialnya. Sayangnya, video tersebut dipercepat dan suaranya belum sempat diedit. Namun, berkat bimbingan lebih lanjut melalui grup WA hal itu bisa diatasi.

Video Tutorial Memasang Header
Pada Blog

Ringkasannya bisa ditulis begini :

Masuk ke blogger ➡ Tata Letak/ Layout ➡ Edit Header ➡ Choose file/ Pilih file ➡ Dari komputer/ from computer ➡ Cari foto di penyimpanan komputer ➡ instead title and description ➡ Save.

Alhamdulillah... Semua blog peserta sekarang sudah memiliki header dengan foto dan identitas masing-masing. Jadi sukaaa. Bagaikan rumah yang berpenghuni.

Sayangnya, ada beberapa peserta yang headernya melebar sehingga logo TP2G jadi tidak terlihat.



Atau terlalu pendek.


Setelah kemarin mencoba dan mengalami hal yang sama. Alhamdulillah menemukan cara untuk menempatkan header di posisi yang tepat yaitu dengan mengedit template atau tema.

Langkah-langkahnya sederhana saja :
Masuk ke blogger ➡Template/ Tema




 ➡Customsize/ Sesuaikan


➡ Adjust Widht ➡ Ubah ukuran Entire Blog sampai gambar terpasang sempurna. Misal contoh di bawah ini awalnya 1100 px kemudian diubah menjadi 980 px.


 ➡ header siap disajikan.


Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Bapak ibu... Mohon koreksinya apabila masih ada kekeliruan. πŸ˜‰


4 komentar:

  1. Sudah pas manthafff πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Tutorial bagus dan keren, heeee...videonya tanpa editan emang, Ngak pakai mik dll, langsung aja bicara di depan leptop heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah Pak... Ambil video yang ini padahal di ayomendidik banyak video yang bagus. Tapi kemarin idenya yang muncul tentang topik ini. Hehehehe

      Hapus

Total Tayangan Halaman