Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Sabtu, 25 Mei 2019

Kelas Semarak Low Budget Part 2

Low Budget itu modal sekali bermanfaat berkali-kali ~me~
Mari berkarya lagi di tahun pelajaran yang baru. Perbaikan sana-sini masih banyak yang harus dilakukan. Kekurangan tahun kemarin dibenahi lagi sehingga ada kemajuan dan kebaikannya mari dilanjutkan. 

Kelas Semarak Low Budget bagaimana? Dilanjut juga kan? Baca juga yang part 1 yah di sini

Berikut ini ada beberapa cara memanfaatkan karya siswa untuk menyemarakkan kelas.
Karya Plastisin
Penggunaan plastisin di kelas satu begitu sering. Siswa juga senang bermain dengan mainan ini. Sayang sekali kalau sudah selesai tapi tidak dikemas dengan apik.  Agar bisa cantik menghiasi kelas maka hasil karya siswa bisa diletakkan dalam mika. Berbagai bentuk plastisin siap dipajang di kelas. Bagusnya di pajang di rak khusus. Namun di kusen jendela juga tak masalah. Hehehe

Plastisin hasil karya siswa
Pemajangan karya dari plastisin

Gambar Siswa
Memajang gambar itu susah-susah gampang karena tembok kelas atau papan pajangan yang terbatas. Untuk menyiasatinya maka gambar siswa bisa discan terlebih dahulu kemudian diprint dengan ukuran yang diperkecil. Dengan demikian, semua gambar siswa bisa dipajang.
Atau bisa juga dipilih hanya karya terbaik yang berhak mendapat kehormatan nampang di papan pajangan.

Bingkai dan Kolase
Trik yang sama dengan malam dari tepung. Tugas kolase siswa sangat sayang jika tidak dipajang di kelas. Selain bisa mengingatkan mereka pada materi juga sebagai apresiasi tinggi atas jerih payah dalam membuatnya. Sediakan sedikit ruang untuk karya satu ini.

Boneka Jagung dan Pensil Bulu
Boneka jagung adalah pembelajaran pada semester 1. Hiasan ini bisa dipajang di papan triplek. Bentuknya yang unik menarik perhatian siswa. Sempat mencari cara lain tapi bagus juga menempel di tembok. Ketika semester 2, boneka jagung bisa dikembalikan dan papan digunakan untuk memajang pensil bulu karya siswa juga pastinya. 
Pensil Bulu

Cara-cara yang low budget untuk menyemarakkan kelas sangat sederhana bukan? Memanfaatkan karya siswa yang bukan sembarang karya. Mereka tentunya penuh usaha dalam mengerjakannya. Usaha iti harus mendapatkan nilai tertinggi yaitu dengan menunjukkan bahwa karya mereka begitu berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar