Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Sabtu, 12 Oktober 2024

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Assalamualaikum..
Jurnal refleksi kali ini saya susun menggunakan model 4C (Connection, Challenge, Concept dan Change)

1. Connection
Modul 3.1  membekali seorang CGP untuk menjadi pemimpin yang dapat mengambil keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan dan etika. Keputusan yang diambil dapat menenetukan arah dan tujuan suatu lembaga dan menunjukkan nilai-nilai atau integritas lembaga sehingga memberikan kemajuan bagi mutu pendidikan.
Modul ini berkaitan dengan filosofi Ki Hajar Dewantara yang mengarahkan guru harus mampu memberikan teladan yang baik bagi pengambilan keputusan bagi murid dengan prinsip pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan dan berpihak pada murid.

2. Challenge
Alur merdeka pembelajaran modul 3.1 berada di tahap eksplorasi konsep yang memaparkan tentang pengambilan keputusan yang selaras dengan nilai-nilai kebajikan. Tantangannya adalah bagaimana guru penggerak menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran yang memegang teguh pada nilai-nilai kebajikan universal dalam mengambil keputsan yang baik berkaitan dengan bujukan moral atau dilema sosial.

3. Concept
Konsep materi dalam modul 3.1 menurut saya adalah
  • Bujukan moral adalah sebuah kondisi dimana seseorang harus memilih dan membuat keputusan antara benar dan salah. Jika keputusan yang diambil salah maka dapat dikatakan dia bermoral tidak baik.
  • Dilema etika adalah kondisi dimana seseorang harus memilih antara dua pilihan yang keduanya secara moral benar tapi saling bertentangan. Ini adalah saatnya kita membuat keputusan diantara benar dan benar.
  • Secara umum ada pola, model atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika antara lain individu lawan kelompok, rasa keadilan lawan rasa kasihan, kebenaran lawan kesetiaan dan jangka pendek lawan jangka panjang.
  • Tiga prinsip pengambilan keputusan antara lain berpikir berbasis hasil akhir, berpikir berbasis peraturan dan berpikir berbasis rasa perduli.
  • Sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan antara lain mengenali nilai-nilai yang sering bertentangan, menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini, kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini, pengujian benar atau salah, pengujian paradigma benar lawan benar, melakukan prinsip resolusi, investigasi pilihan trilema, buat keputusan, lihat lagi keputusan dan refleksikan.
4. Change
Setelah mempelajari modul 3.1 saya berharap untuk dapat menjadi pemimpin pembelajaran dengan bekal paradigma, prinsip dan langkah pengujian dalam pengambilan keputusan sehingga nantinya akan menghasilkan kebijakan yang selaras dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu berpihak pada murid.
Keputusan yang diambil di sekolah akan merefleksikan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh sekolah sehingga menjadi rujukan bagi seluruh warga sekolah.

Demikian jurnal ini saya susun. Kritik dan saran bisa ditulis di kolom komentar.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman