Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Rabu, 04 September 2024

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi


Assalamualaikum...
Tidak ada anak yang benar-benar sama sekalipun kembar identik. Setiap anak memiliki ciri khas masing-masing begitu pun dengan murid-murid kita. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga guru perlu strategi dalam melaksanakan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap murid salah satunya yaitu dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru dalam menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid artinya pembelajaran disusun dengan tujuan mendukung semua murid. Dukungan ini akan menciptakan kelas yang nyaman bagi murid untuk belajar dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran tercapai.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yaitu dengan memahami tujuan pembelajaran, mengetahui dan merespon kebutuhan belajar murid, menciptakan lingkungan yang mengundang murid untuk belajar, melakukan manajemen kelas yang efektif dan penilaian berkelanjutan.
Kebutuhan belajar murid yang perlu diperhatikan oleh guru yaitu 
  1. Kesiapan belajar murid. Guru harus melakukan penilaian awal untuk mengetahui pengetahuan yang telah dimiliki oleh murid berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
  2. Minat murid. Setiap murid memiliki minat yang berbeda. Guru harus memperhatikan hal ini karena minat adalah motivator penting bagi murid untuk ikut aktif dalam pembelajaran.
  3. Profil belajar murid yaitu lingkungan, budaya, gaya belajar dan kecerdasan majemuk yang berbeda.
Data tentang kebutuhan belajar murid dapat diperoleh dengan berbagai cara yaitu 
  1. Mengamati perilaku murid
  2. Mengidentifikasi pengetahuan awal
  3. Mereview dan melakukan refleksi praktik pembelajaran
  4. Berbicara dengan guru murid sebelumnya
  5. Membaca rapot murid di kelas sebelumnya
  6. Melakukan berbagai penilaian diagnostik dan formatif.
Strategi yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi adalah diferensiasi proses, diferensiasi konten dan diferensiasi produk. Guru dapat memilih salah satu dari ketiga diferensiasi tersebut atau mengkombinasikan ketiganya. Adapun penerapannya sebagai berikut : 
  1. Diferensiasi konten berkaitan dengan apa yang diajarkan seperti materi, konsep atau keterampilan yang perlu dipelajari berdasarkan kurikulum. Mendiferensiasi konten dengan membedakan pengorganisasian atau format penyampaiannya bukan mengubah atau menurunkan standar kurikulum diferensiasi.
  2. Diferensiasi proses berupa kegiatan yang memungkinkan murid berlatih dan memahami atau memaknai konten dengan cara membedakan proses yang harus dijalani oleh murid.
  3. Diferensiasi produk berupa bukti yang menunjukkan apa yang murid pahami dengan cara membedakan/ memodifikasi produk sebagai hasil belajar murid, hasol latihan, penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajari. 
Keterkaitan materi pembelajaran berdiferensiasi dengan materi sebelumnya adalah  
Modul 1.1 Untuk dapat melakuan pembelajaran berdiferensiasi maka guru harus berusaha memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sesuai dengan filososfi Ki Hajar Dewantara.
Modul 1.2 Guru dapat menerapkan nilai dan peran guru penggerak dalam melaksanakan pembelajarn berdiferensiasi yaitu berpihak pada murid, reflektif, kolaboratif, mandiri dan inovatif untuk menciptakan kegiatan pembelaaran yang dapat memenuhi kebutuhan murid sehingga dapat mewujudkan kepemimpinan murid. 
Modul 1.3 Pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan visi guru penggerak yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid
Modul 1.4 Keyakinan kelas berperan penting untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang kondusif sehingga guru pembelajaran berdiferensiasi yang dilaksanakan dapat menerapkan nilai-nilai budaya positif.

Demikian koneksi antar materi yang dapat saya susun.

Salam Guru Penggerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman