Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Rabu, 17 Juli 2024

Koneksi Antar Materi 1.2




   Modul 1.1 memberikan pencerahan bahwa anak memiliki kodrat masing-masing yang harus dituntun untuk mengoptimalkan bakat dan kemampuan alami anak. Pendidikan bukan alat untuk mengekang anak dalam konten-konten menjemukan yang tidak bermanfaat bagi perkembangan anak. Pembelajaran harus dilakukan dengan berpusat pada murid.

   Modul 1.2 mengusung tentang nilai-nilai yang harus dimiliki guru penggerak dalam menjalankan perannya. Pada dasarnya nilai-nilai tersebut sudah dimiliki oleh seorang guru akan tetapi perlu dioptimalkan untuk mencapai peran yang maksimal dalam memberikan pembelajaran yang berpusat pada murid.

Kaitan Modul 1.1 dan Modul 1.2 yang saya pahami adalah keduanya merupakan timbal balik yang menjadi dasar pembelajaran berpusat pada murid. Gambaran tentang bagaimana seorang murid dan perlakuan apa yang harus diberikan seorang guru dalam mendidiknya sehingga tercipta pendidikan yang berpusat pada murid.

Saat mempelajari modul ini saya merasa tergugah untuk memperbaiki diri khususnya dalam menjalankan peran sebagai guru. Langkah yang saya lakukan adalah siap untuk menyiapkan pembelajaran berpusat pada murid meskipun tidak mencakup semua materi dalam satu semester.

Sebelum saya mempelajari modul 1.2 saya berpikir bahwa kelebihan yang saya miliki sudah cukup baik namun sekarang saya sadar bahwa saya harus lebih banyak belajar untuk menjadi lebih baik terutama dalam hal kolaborasi dengan atasan juga rekan sejawat.

Rencana yang akan saya lakukan adalah menyiapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan berkolaborasi kemudian mengarsipkannya sehingga bisa dievaluasi dan dipakai oleh guru lainnya. 

Salam Guru Penggerak,

Chardiana Sariningtiyas, S.Pd.SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman