Assalamualaikum...
Analisis Video Praktik Baik
Tujuan Pembelajaran Khusus
- CGP dapat menganalisis visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B-A-G-J-A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini
Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan
Guru mengajak murid berdiskusi tentang frasa yang tertulis di papan tulis yaitu "Penyemangat Belajar"
Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok, mengunjungi dan mengamati kelas lain, melakukan tanya jawab dengan peserta didik lain tentang kelas mereka dan mendiskusikan hasil pengamatan dengan kelompok kemudian menyimpulkan hal yang disukai dari kelompok lain.
Jabarkan Rencana
Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
"Bagaimana menciptakan lingkungan belajar menyenangkan sesuai dengan minat murid?"
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Bagaimanakah kelas impian yang dapat menjadi penyemangat belajar murid saat kegiatan belajar mengajar?
Kegiatan/ tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
Buat Pertanyaan
Guru mengajak murid berdiskusi tentang frasa yang tertulis di papan tulis yaitu "Penyemangat Belajar"
Ambil Pelajaran
Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok, mengunjungi dan mengamati kelas lain, melakukan tanya jawab dengan peserta didik lain tentang kelas mereka dan mendiskusikan hasil pengamatan dengan kelompok kemudian menyimpulkan hal yang disukai dari kelompok lain.
Gali Mimpi
Guru mengajak peserta didik untuk membayangkan kelas impian mereka dengan menutup mata dalam dua menit, peserta didik membuat sketsa kelas impian mereka dengan bahan yang telah disediakan, mempresentasikan hasil diskusi yaitu sketsa kelas impian dan membahas hasil presentasi
Guru mengajak berdikusi tentang daftar yang dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan peserta didik, membagi tugas dalam kelompok dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dan menentukan waktu pelaksanaan rencana kegiatan.
Atur Eksekusi
Peserta didik mengerjakan tugas sesuai dengan hasil kesepakatan dengan bekerja sama dalam mewujudkan kelas impian yang telah direncanakan.
Prakarsa perubahan memerlukan peran pemimpin dalam proses pelaksanaan mewujudkannya. Berikut analisis peran pemimpin dan video tersebut
- Guru menggunakan pendekatan berbasis aset yaitu dengan berusaha membuka pemahaman dan kesadaran yang ada melalui kekuatan dalam berkolaborasi
- Guru mengarahkan peserta didik untuk fokus pada kekuatan kelas dalam mewujudkan impiannya.
- Guru sebagai pemimpin pembelajaran mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah sesuai dengan kompetensi untuk mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi penyemangat belajar
- Guru mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman sesuai tujuan masing-masing siswa dengan bekerja secara bersama-sama (kolaborasi)
Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfaatannya?
Guru sebagai pemimpin pembelajaran mampu memanfaatkan berbagai aset yang dimili sekolah dengan berbagai pendekatan, salah satunya pendekatan pengembangan komunitas berbasisi aset. Dalam video tersebut menunjukkan beberapa aset yang dimanfaatkan dalam mewujudkan prakarsa perubahan yang telah dibuat yaitu:
Modal manusia : Guru untuk mengarahkan, memfasilitasi dan mewujudkan kelas impian. Peserta didik yang mampu membuat desain kelas impian dengan segala hal yang diperlukan misalnya hiasan, kursi yang tertata rapi, adanya rak buku dan kebersihan kelas yang terjaga.
Modal sosial : Lingkungan sekolah yang saling mendukungm kerjasama, harmonis dan hubungan yang sehat yaitu dengan melakukan pengamatan kelas lain juga adanya kolaborasi yang baik antara guru. Lingkungan ini menjadi aset yang berpotensi mewujudkan tujuan/ visi bersama.
Modal fisik : Tersedianya ruang kelas, buku paket di perpustakaan, meja, kursi, papan tulis, alat tulis dan lainnya. Pemanfaatannya dengan memanfaatkan perlengkapan yang ada untuk menciptakan kelas yang nyaman.
Modal finansial : Tersedianya peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan untuk membuat hiasan kelas sehingga menjadi kelas impian yang telah didiskusikan.
Demikian tugas ini saya susun. Kritik dan saran bisa dituliskan di kolom komentar. Terima kasih
Salam Guru Penggerak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar