Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Sabtu, 31 Agustus 2024

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 2.1



Assalamualaikum 
Jurnal refleksi ini saya susun menggunakan metode 4F (Fact, Feeling, Finding and Future)

Fact
Kegiatan pembelajaran modul 2.1 dimulai pada tanggal 20 Agustus 2024 dengan mengerjakan pre test.
Pre test menjadi gambaran tentang materi yang akan dipelajari yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Materi ini merupakan hal menarik yang ingin saya pelajari untuk diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari karena keberagaman dalam kelas harus disikapi dengan sebaik-baiknya. Tidak ada murid yang kurang mampu namun murid yang tidak terpenuhi kebutuhan belajarnya yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.
Forum ruang kolaborasi pada tanggal 23 dan 26 Agustus 2024 menjadi sarana untuk saling berbagi ilmu dalam mendiskusikan kasus yang diberikan juga tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang sudah dilakukan di sekolah masing-masing. Terutama tentang kendala yang terjadi saat praktik pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan.

Feelings
Saya merasa antusias karena materi pembelajaran berdiferensiasi sangat relevan dengan pembelajaran yang berpusat pada murid. 
Mengawali pembelajaran harus dengan memahami kebutuhan siswa yang bisa didiagnosa dengan berbagai cara contohnya asesmen diagnostik, wawancara dan observasi. Pada pembelajaran sebelumnya, hasil diagnosa sebagai dasar dalam kadar memberikan dukungan kepada murid saat proses pembelajaran yang dilakukan sama untuk semua murid. Salah satu hal yang harus dibenahi karena pentingnya pemetaan murid bukan untuk membedakan mereka akan tetapi memberikan cara terbaik untuk belajar mencapai tujuan yang ditetapkan.

Findings 
Pembelajaran bermakna yang saya peroleh yaitu penerapan pembelajaran berpusat pada murid dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan kebutuhan belajar murid yang beragam. 
Untuk memenuhinya guru harus pandai dalam menganalisa kesiapan murid, minat juga profil belajar murid sehingga pembelajaran bukan hanya untuk beberapa murid saja akan tetapi untuk semuanya.
Hasil analisa yang diperoleh dapat digunakan untuk menentukan jenis diferensiasi yang akan digunakan. Guru dapat memilih salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk. Tidak menutup kemungkinan untuk memadukan ketiga macam diferensiasi dengan prinsip tetap untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan.

Future
Setelah mempelajari materi pembelajaran berdiferensiasi saya akan menerapkannya di kelas secara bertahap dengan menganalisa kebutuhan murid, menentukan diferensiasi yang akan digunakan dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman