Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Sabtu, 18 Mei 2019

PIT6-Pintar Ngeblog Bersama TP2G Kab. Lumajang.

Biarkan dirimu jadi pemula. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang langsung menjadi ahli ~Wendy Flynn~


Pelatihan IT Angkatan 6 IN 1 dilaksanakan 18 Mei 2019 di SMK PGRI Lumajang. Acara ini memotivasi seluruh peserta yang terdiri dari para guru seantero Kabupaten Lumajang untuk selalu belajar dan memperbaiki diri, kali ini berkaitan dengan IT.


Profesionalitas Guru tidak bisa lepas dari teknologi yang berkembang pesat.  Beruntung sekali PGRI melalui TP2G Kabupaten Lumajang menjembatani para guru Lumajang untuk mengejar perkembangan tersebut dengan menyelenggarakan PIT yang sudah dimulai semenjak tahun 2014.

Acara dimulai tepat waktu dan dibuka oleh ketua PGRI Lumajang yaitu Bapak Winadi. Beliau berpesan bahwa guru harus selalu mengembangkan kemampuan sehingga bisa mengimbangi kebutuhan siswa juga membuktikan profesionalitasnya.

Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh ahlinya yaitu Bapak M. Subakri dan Bapak Umar Tholib. Kami sebagai pemula sangat kagum dengan ilmu yang mereka tularkan yaitu tentang pemanfaatan blog yang begitu luas. Mulai dari menambah teman, penghasilan, amal ibadah juga dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam pembelajaran sehingga menambah sisi positif teknologi bukan hanya untuk guru tapi juga untuk anak didik. Untuk manfaat yang terakhir harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan siswa. Kebutuhan akses internet serta peralatan yang dibutuhkan yaitu laptop atau android menjadi pertimbangan utama.

Bukan belajar namanya jika tidak ada kesulitan namun semua itu dijawab dengan semangat untuk bisa oleh semua peserta. Materi pembuatan blog walaupun ada kendala teknis, tidak lantas mematahkan kemauan peserta untuk mencoba. Banyak jalan menuju Roma. Selain menggunakan komputer yang sudah disediakan, peserta juga bisa menggunakan android masing-masing. Pelatihan pun berjalan lancar dan menghasilkan blog-blog baru para guru Lumajang yang siap diisi dengan ilmu, pengalaman, tips trik atau tema-tema bombastis yang ditujukan untuk menarik para pengunjung.

Ramadhan sehari ini terlewati dengan berkah yaitu mendapatkan ilmu baru tentang pembuatan web. Lelah baru terasa setelah tugas dibagikan. Hehehe... Harapan terbesarnya adalah ilmu yang didapat dapat dimanfaatkan. Entah kapan si pemula ini bisa menjadi ahli. Pastinya suatu saat dengan konsistensi ngeblog tiada henti.
Semoga saja.

2 komentar: