Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan (Imam Syafi'i)

Minggu, 19 Mei 2019

Papan Absen Kreatif

"Siapa yang tidak masuk hari ini Anak-anak?" Rutinitas harian yang selalu dilakukan guru sebelum memulai pelajaran.
"Fulan, Bu. Sakit." Jawab salah seorang siswa. Kemudian nama Fulan ditulis di papan hitam kecil yang huruf-hurufnya mulai pudar.

Tidak bosan dengan papan absen itu- itu saja? Yuk, buat yang lucu dan unik. Selain bisa untuk mengetahui kehadiran siswa juga bisa mempercantik kelas kita. Apalagi siswa sekolah dasar yang sangat menyukai warna. Pasti menjadi lebih betah berada di dalam kelas yang berwarna-warni. Di bawah ini beberapa contoh papan absen yang menarik yang dibuat dengan berbagai bahan.


Contoh Papan Absen Kreatif
Bahan yang bisa digunakan adalah kertas atau kertas flanel. Bisa juga dengan menghemat sekaligus menyelamatkan lingkungan yaitu dengan daur ulang botol plastik bekas. Hasilnya tidak kalah cantik ya... Mau tahu cara membuatnya? Lanjuut terus membacanya.


Alat dan bahan :
  1. Sebuah kardus bekas mie instan.
  2. Botol plastik bekas sebanyak jumlah siswa. Bisa meminta tolong siswa dengan mengumpulkan 1 anak 1 botol bekas. 
  3. Kertas kado, gambar border atau kertas lain untuk melapisi kardus. 
  4. Lem tembak dan gunting. 


Cara Pembuatan :

  1. Gunting kardus dengan ukuran 60 cm x 35 cm (disesuaikan dengan kebutuhan). 
  2. Lapisi kardus dengan kertas pelapis yang disediakan. 
  3. Gunting botol pada leher tutupnya. Tutup botol jangan dibuang dan beri tulisan S, I atau A. Atur dan lem pada kardus. Beri nama tiap siswa dengan kertas di dalamnya. 



Pengaturan Tutup Botol Bekas

4. Beri hiasan secukupnya dan tuliskan nama papan misal dengan Absensi Kelas 1, Absen Dulu Yuk! atau Assalamualaikum, aku sudah datang.
5. Beri gantungan di atas papan. Papan absen kreatif siap digunakan. 

Papan Absen dari bahan bekas. 


Cara penggunaanya sangat sederhana. Setiap siswa yang hadir maka tutup botolnya dibuka dan diletakkan di tempat yang disediakan. Di sini saya menggunakan pot bunga kecil. Jadi, jika ada yang masih tertutup artinya ada siswa yang tidak hadir. Ganti tutup botol siswa sesuai dengan alasan ketidakhadiran siswa. 

Seru bukan! Selain mempercantik kelas, siswa pastinya lebih bertanggungjawab dengan kehadirannya di sekolah karena terbayang-bayang papan absennya. Hehehe.... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar